Kain Satin Silk: Pahami Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki

Gainmusclesup.com: Kain Satin Silk: Pahami Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan – Untuk memproduksi pakaian atau fashion lainnya, tentu memperhatikan pemilihan jenis bahan utama atau kain. Sudah banyak jenis bahan kain yang bisa digunakan untuk memproduksi pakaian dengan karakteristik yang berbeda. Salah satu bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian adalah satin silk.

 Kain Satin Silk

Kali ini akan dipaparkan informasi mengenai kain satin yang perlu Anda ketahui sebelum memilih bahan untuk membuat pakaian. Di bawah ini terdapat karakteristik dan informasi lengkapnya tentang kain satin silk.

Tentang Kain Satin Silk

Satin silk (sutra) adalah suatu bahan kain yang memiliki ciri khas tampilan yang mengkilap seperti layaknya kain sutra. Tampilan yang mengkilap ini membuat kain satin menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk membuat pakaian model dress atau gaun.

Kain satin memiliki tekstur yang halus dan lembut ketika disentuh, dan juga tampilannya yang mewah dan glamor. Oleh sebab itu, banyak gaun-gaun wanita yang dibuat dengan menggunakan perpaduan kain satin silk.

Karakteristik Kain Satin Silk

Kain satin silk memiliki karakteristik yang berbeda dari kebanyakan kain pada umumnya. Di bawah ini merupakan deretan karakteristik kain satin yang perlu diketahui oleh Anda sebelum memilih kain untuk pembuatan pakaian atau dress.

  • Sifatnya yang lembut, halus, dan cenderung jatuh
  • Memiliki permukaan yang licin dan glossy
  • Memiliki motif atau pola dari sejumlah jenis kain satin
  • Bahannya adem dan nyaman
  • Memberikan tampilan mewah dan elegan pada seseorang yang menggunakannya.

Kelebihan Kain Satin Silk

Setiap bahan pakaian pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kain satin mempunyai beberapa kelebihan tersendiri, berikut merupakan kelebihan dari kain satin silk.

  1. Serat yang Lembut Kain satin mempunyai karakteristik serat kain yang halus dan lembut. Apabila Anda menyentuh kain satin, maka akan terasa lembut atau licin. Kain satin seperti ini nyaman digunakan di tempat yang panas karena bahannya tipis dan adem.
  2. Bahannya Ringan Karena memiliki serat kain yang halus dan lembut, menjadikan kain satin silk memiliki berat yang ringan. Kain ini tergolong ringan dan licin ketika disentuh sehingga biasa disebut dengan lightweight fabric.
  3. Memberi Kesan Mewah Apabila Anda sudah mengetahui atau melihat kain satin dan menyentuhnya, pasti akan muncul di benak Anda bahwa kain ini adalah kain yang mewah. Sebab, kain satin mempunyai permukaan yang mengkilap dan biasa digunakan untuk acara besar seperti pernikahan.
  4. Multifungsi Kain satin silk tidak hanya bisa digunakan untuk pembuatan gaun saja. Namun, kain satin juga bisa digunakan untuk pembuatan rok, kerudung, atau bahkan sepatu. Saat ini sudah banyak beredar sepatu dengan bahan satin yang memberi kesan mewah dan elegan.
Baca Juga:  Best 15 Rekomendasi Model Rambut Pendek Wanita Terbaik Sepanjang Masa

Kekurangan Kain Satin Silk

Tidak hanya kelebihan, kain satin juga tentunya memiliki kekurangan. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari penggunaan kain satin silk.

  1. Sulit Dijahit Jika Anda sudah mengetahui kelebihan kain satin yang licin dan serat yang halus. Maka, kain satin akan sedikit lebih sulit untuk dijahit. Hal ini karena kain satin memang memiliki serat-serat kain yang sangat rapat dan halus. Apabila Anda ingin menjahit kain satin, Anda harus berhati-hati ketika menjahitnya supaya tidak merusak kain. Karena, salah sedikit atau bergeser sedikit saja saat dijahit, maka kain satin bisa langsung rusak dan tentu tampilannya tidak akan bagus lagi.
  2. Kurang Cocok Digunakan Sehari-Hari Untuk pemakaian sehari-hari di rumah, kain satin kurang cocok untuk digunakan. Sebab, tampilan kain satin yang mengkilap ini memang memberi kesan mewah, sehingga akan kurang cocok jika digunakan untuk aktivitas harian di rumah atau untuk beraktivitas berat. Biasanya, kain satin silk digunakan pada saat acara-acara tertentu yang formal atau semi formal. Misalnya pada acara pernikahan, pesta, atau bahkan pertemuan besar. Oleh sebab itu, banyak pakaian mewah yang terbuat dari kain satin.
  3. Perlu Penanganan Khusus Pakaian atau fashion yang terbuat dari kain satin perlu ditangani dengan perlakuan khusus, sebab karena sifat bahannya yang mudah rusak jika tidak ditangani dengan benar. Misalnya, ketika akan mencuci, sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci, dan hanya dicuci dengan menggunakan tangan. Selain itu, ketika menyetrikanya juga perlu berhati-hati. Jangan sampai menggunakan suhu yang terlalu panas karena bisa merusak bahan satin pada pakaian. Lagipula, kain satin juga tidak akan terlalu lecek jika tidak disetrika sehingga masih aman jika hanya disetrika dengan suhu yang rendah. Untuk mendapatkan berbagai fashion dari kain satin, Anda bisa mengunjungi situs Blibli secara online. Sebab, di Blibli tersedia berbagai pilihan produk berkualitas. Jika Anda ingin membeli kain satin mentahan pun Anda bisa membelinya juga secara online di Blibli. Kain satin yang tersedia banyak jenisnya dan berbagai variannya, sehingga tidak akan menyulitkan Anda untuk mencari kain satin yang sesuai dengan keinginan Anda.
Baca Juga:  Best 11 Rekomendasi Merk Dompet Wanita Terbaik: Branded & Model Kekinian

Demikian informasi tentang kain satin silk yang harus Anda ketahui. Anda bisa membeli berbagai macam fashion yang terbuat dari kain satin di Blibli. Blibli menyediakan banyak produk dan toko terpercaya yang menjual produk-produk fashion dari satin berkualitas premium dengan harga yang terjangkau.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button